REKOMENDASI JENIS KAIN BERKUALITAS UNTUK ABAYA

Pakaian Abaya sangat terkenal di Timur Tengah yang merupakan pakaian tradisional muslimah yaitu dress panjang atau jubah yang berwarna hitam. Abaya ini longgar dan menggunakan ukuran yang lebar sehingga membuat pemakainya nyaman, syar’I, dan menutupi seluruhnya lekukan tubuh. Abaya hitam dengan jilbab syar’I serta menggunakan cadar seiring berjalannya waktu, pakaian abaya ini menjadi pakaian umum yang dikenakan wanita muslimah di semenanjung Arab. Abaya mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk indonesia. Di indonesia pakaian abaya ini menjadi style tersendiri, meskipun banyak peminatnya di indonesia ini bisa memakai warna keinginannya. Namun pakaian abaya ini berwarna cerah maupun soft. Pakaian abaya biasa dikenakan untuk aktivitas sehari-hari ataupun acara formal.

Jenis Bahan Pakaian Abaya

Perlu diketahui jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan pakaian Abaya. Banyak orang penasaran dengan jenis bahan apa yang biasa digunakan untuk membuat pakaian Abaya yang khas Timur Tengah. Pakaian Abaya ini saat dikenakan jatuh, flowy, dan tidak transparan. Jika dilihat pakaian Abaya ini terlihat transparan dan lembut. Beberapa jenis bahan yang digunakan seperti, maliky, nida, fursan, lexus dan harrier (jet black). Jenis bahan tersebut memiliki keunggulan yang berbeda, namun memiliki kesamaan adem saat dikenakan, tidak mudah kusut, serta menyerap keringat. Nah, untuk itu jika anda ingin mendapatkan kain yang tepat untuk pakaian Abaya ini terdapat beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat Abaya;

  • Maliky

Kain maliky ini memiliki karakteristik matte (doff) dan pekat. Tekstur bahan maliky ini lembut, agak lentur, adem dan warna hitam nya paling pekat dari jenis bahan lainnya. Kain maliky ini bersifat tidak mengkilap, warna hitam yang paling pekat, lembut, tebal, agak berat, dan kain maliky ini bisa dikenakan saat cuaca panas maupun dingin.

  • Fursan

Kain fursan ini memiliki kualitas super yang digunakan untuk membuat Abaya kelas menengah. Keunggulan jenis bahan ini memiliki tekstur benang rapat, halus, lebih mengkilap, warna lebih terang daripada bagian dalam, tidak menerawang, jatuh saat dipakai, tidak membentuk lekukan tubuh, agak tebal dan berat, tidak mudah kusut sehingga tidak perlu disetrika. 

  • Lexus

Jenis bahan lexus ini sangat terkenal yang digunakan oleh negara Bahrain, Oman, Kuwait, Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Bahan lexus ini memiliki karakteristik halus, sejuk, lembut, ringan, elegan, jatuh, dan nyaman saat dikenakan cuaca panas maupun dingin. Tekstur kain lexus ini hampir sama dengan kain woolpeach yang bersifat matte finish dan glossy warnanya lebih hitam pekat.

  • Hareer

Jenis bahan hareer Al Qatar ini salah satu jenis bahan Abaya yang sangat populer yang digunakan Timur Tengan dan Saudi. Hareer dikenal nama harir, crystal satin atau crystal crepe. Kain hareer ini terkesan sangat mewah, eksklusif, mengkilap yang sangat tinggi namun elegan, luxury. Tekstur kain hareer ini lembut, ringan, hitam pekat, dan sejuk. Ketika sudah menjadi pakaian Abaya dengan menggunakan kain hareer ini harganya mahal.

  • Nida

Kain jenis nida ini memiliki karakteristik lebih lembut, ringan, agak licin, sedikit mengkilap jika terkena cahaya cenderung elegan dan glamour. Ketika dikenakan jenis bahan nida jatuh, tidak membentuk lekuk tubuh, dan tetap adem meski cuaca panas. 

Nah, itulah beberapa informasi terkait jenis bahan yang terbaik untuk pembuatan pakaian Abaya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp